oleh

Adam Lallana Terinspirasi Frenkie De Jong

Adam Lallana mendapatkan peran terbaru di Liverpool musim ini. Peran tersebut cukup mirip seperti yang dilakukan oleh gelandang Chelsea kala diasuh oleh Maurizio Sarri, Jorginho.

Sebelumnya, Lallana kerap diberikan mandat sebagai gelandang box-to-box yang terus berlari dan kerap melakukan tusukan ke kotak penalti. Namun dalam serangkaian laga pramusim kemarin, ia lebih banyak dimainkan di posisi yang lebih dalam.

Ia kerap ditempatkan di tengah dan diapit oleh dua gelandang lainnya. Lallana bertugas untuk menjadi penyambung antara sektor belakang dan depan sekaligus mengatur serangan. Di Italia, peran tersebut dikenal dengan sebutan regista.

Peran itu sangat melekat di dalam diri mantan pemain Juventus dan AC Milan, Andrea Pirlo. Sementara di Inggris, Jorginho adalah satu pemain yang cukup fasih melakukannya. Itulah yang diyakini menjadi alasan mengapa Maurizio Sarri ngotot membawanya ikut ke Chelsea.

Lallana belum bisa memamerkan tugas terbarunya tersebut di ajang Premier League musim ini. Mantan pemain Southampton tersebut masih kesulitan untuk menggeser Fabinho yang tampil cukup apik dalam empat pertandingan terakhir.

Sementara dirinya menunggu kesempatan itu datang, Lallana terus belajar. Ia bahkan tak peduli harus belajar dengan siapapun, termasuk pemain muda Barcelona yang tampil apik bersama Ajax Amsterdam musim kemarin, Frenkie De Jong.

“Saya masih menunggu kesempatan di sana. Itu mungkin, atau mungkni tidak, akan datang, tapi yang pastinya saya tertarik,” ujar Lallana kepada The Times.

“Jordan [Henderson] menyuruh saya untuk menyaksikan Frenkie de Jong. Cara dia bermain, dia membawa bola lebih sering dari pemain no.6 lainnya, yang pastinya akan memberikan sedikit resiko tapi saya cocok dengan gaya itu,” lanjutnya.

Semenjak diberikan mandat baru oleh sang pelatih, Jurgen Klopp, Lallana jadi lebih sering mempelajari pemain bertipe no.6 ketimbang mereka yang memiliki peran serupa dengannya di masa lalu. Bahkan, terkadang ia juga mencuri ilmu Fabinho dari pinggir lapangan.

“Saya lebih sering menyaksikan pemain no.6 sekarang ketimbang no.8, karena saya sudah mengetahuinya dengan cukup baik. Seperti apa pergerakan mereka?” tambahnya.

“Saya berfokus kepada Fabinho cukup sering di laga pertama kami dan dia memainkannya dengan sangat luar biasa baik,” tandas pria berumur 31 tahun tersebut.

Jika Klopp mengizinkan, Lallana mungkin bisa mempraktikkan peran terbarunya tersebut saat Liverpool menghadapi Newcastle United di ajang Premier League. Pertandingan tersebut berlangsung pada hari Sabtu (14/9/2019) mendatang di Anfield Stadium.